Baner

Photobucket

Rabu, 02 September 2009

GEMPA BUMI


Kejadian menegangkan pun terjadi tadi sore, kira kira jam 3 sore. Lagi asik asik kerja didepan komputer tiba tiba ruangan kantor saya bergoyang inul. Langsung serentak karyawan berhamburan keluar. Wah kayak nya tadi sore getaran gempanya paling besar yang pernah saya rasakan. Kalo kata TV tadi sekitar 7.3 SCR.

Sempet binggung juga tadi. Antara mau lari apa mau cari tempat aman. Soal nya setahu saya kalo gempa terjadi jangan lari kearah tangga karena tangga paling rawan runtuh akibat gempa.

Mudah mudahan ini bukan pertanda buruk buat jakarta. Di bulan ramadhan ini mudah mudahan di berikan keselamatan untuk saya sekeluarga dan seluruh bangsa indonesia.

Mungkin sedikit sharing beberapa tips yang harus kita lakukan pada saat gempa terjadi.Berikut adalah Tips yang saya liat di TV siapa tau masih ada yang belom tau:
1. Jangan panik.
Pada saat gempa terjadi hendak lah jangan panik, karena kepanikkan malah akan memperkeruh suasana.
2. Hidari berlari kearah tangga.
Biasa nya tangga merupakan bagunan yang paling rapuh, alias gampang roboh, so kalo gempa terjadi jangan langsung lari ke tangga ada baik nya berlindung terlebih dahulu.
3. Jangan berlindung di dekat pintu.
Ini dikarenakan pintu dapat meniban kita pada saat gempa terjadi.
4. Jagan berlindung di bawah tempat tidur.
Berlindung di bawah tempat tidur tidak space untuk melepaskan diri bila reruntuhan menimpa atas tempat tidur.
5. Berlindunglah di samping tempat tidur
apa bila ada runtuhan yang menimpa tempat tidur runtuhan itu akan membentuk space atau ruangan untuk badan kita jadi lebih aman dari reruntuhan.
6. Lari lah keluar ruangan secepatnya.
Yang paling aman sebenarnya keluar dari ruangan.Karena diluar ruangan akan terhindar dari reruntuhan gempa.

Kayak nya gitu tadi yang gue denger di TV Tips pada saat gempa terjadi. So mudah mudahan berguna.

6 komentar:

Iwan on 2 September 2009 09.45 mengatakan...

Di madiun juga kerasa pak, tapi pelan. Tadi saya pikir itu halusinasi saya waktu liat kunci yang saya gantung di tembok bergerak-gerak, ternyata itu gempa to.

Admin on 2 September 2009 20.48 mengatakan...

Di Jakarta kerasa sekali pak. Kepala saya saja langsung pusing karena guncangan nya. Alhamdulillah semua nya baik baik saja.

NURA on 2 September 2009 23.12 mengatakan...

salam sobat
trims infonya nich dan sudah diberikan caranya kalau terjadi gempa.

biasanya kalau sudah panik,,lupa kemana akan lari ngga mikir tempat dimana sebaiknya untuk berlindung.

Admin on 4 September 2009 07.38 mengatakan...

Di TKP pun saya masih belom paham. Saya pun langsung lari cari pintu keluar.
Saya tau tips ini waktu pulang ke rumah liat TV eh ada acara ngebahas gempa.

NURA on 4 September 2009 10.38 mengatakan...

salam sobat
disana barang kerajinan seperti batik gitu belum ada,,ya karena disana pada hitam semua yang dipakai.

kerajinan dari rotan ,juga jarang ada.

Admin on 5 September 2009 01.51 mengatakan...

Thanks info nya mbak.

Beri nilai untuk Blog saya,...Terima kasih.