Baner

Photobucket

Sabtu, 22 Agustus 2009

Sebagian Warga Jombang Baru Jalani Puasa Minggu Besok

Sabtu, 22/08/2009 18:08 WIB

Tamam Mubarrok - detikSurabaya


Jombang - Para penduduk di satu perkampugan yang mayoritas pengikut jamaah Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah di Dusun Kapas, Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Jombang, baru memulai puasa pada Minggu (23/8/2009) besok.

"Kami memulai puasa Minggu besok karena hasil hisab maupun rukyat kami menunjukkan bulan pada posisi tak bisa dilihat," kata pemimpin Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah, KH Nasuchah Anwar di rumahnya, Sabtu (22/8/2o09).

Karena hilal atau bulan tidak terlihat, jamaah ini menggenapkan bilangan bulan Sya'ban dalam kalender Hijriyah menjadi 30 hari. Karena tak ada yang puasa, warung makanan di kampung itu buka seperti biasa dan ramai disinggahi warga setempat.

"Pak kiai menyatakan kami baru puasa pada Minggu besok. Untuk masalah agama, kami tidak ikut pemerintah, tapi ikut pemimpin jamaah kami," kata Sunaryo (37), seorang warga yang berada di salah satu warung di dusun itu.

Menurut Kiai Nasuchah, sejak dulu jamaah ini tidak pernah sama dengan keputusan pemerintah saat mengawali maupun mengakhiri bulang puasa. "Sejak nenek moyong, kami lebih sering tidak sesuai. Tapi perbedaan ini kan tidak masalah," tegas Nasuchah.

Jika Kiai Nasuchah mengaku sebagai pengikut Tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah, namun sejumlah warga yang ditemui detiksurabaya.com, menuding komunitas ini merupakan pengikut aliran Alif Rebo Wage (Aboge), seperti di Situbondo maupun Wonosobo, Jawa Tengah.

Dalam catatan detiksurabaya.com, dari tahun 2007 hingga 2009 ini, jamaah ini selalu berbeda dengan pemerintah maupun Ormas NU dan Muhammadiyah. Baik saat menetapkan puasa Ramadhan, Idul Fitri, maupun salat Idul Adha.

Meski berbeda dengan ketetapan NU, namun peribadatan jamaah pimpinan Kiai Nasuchah itu memiliki kesamaan dengan peribadatan warga Nahdliyin pada umumnya. Di antaranya tradisi pujian salawat sebelum salat dan wiridan usai salat.

Bacaan diambil dari
Website Detik.com

0 komentar:

Beri nilai untuk Blog saya,...Terima kasih.